Stasiun Klimatologi Pondok Betung

Jl. Raya Kodam Bintaro No. 82 Jakarta Selatan 12070
Telp.: (021) 7353018 Fax : (021) 7355262 Tromol Pos : 7019/Jks KL
Email : staklim.pondok.betung@gmail.com

Jendela Informasi Meteorologi, Klimatologi dan Kualitas Udara.! Disajikan secara aktual untuk menunjang aktivitas Anda di berbagai sektor.

Prospek Cuaca Mingguan


Berikut adalah ulasan mengenai Prospek Cuaca Mingguan :

PROSPEK CUACA MINGGUAN

TANGGAL 14 28 SEPTEMBER 2018

1. Pertimbangan Dinamika Secara Umum

Posisi matahari per tanggal 24 September2018 berada pada posisi 0 46' LS dan posisinya saat ini sudah berada di selatan ekuator, sehingga pemanasan maksimumnya sudah berada pada sekitar wilayah tersebut. Konsekuensi dari hal tersebut adalah terjadinya penguapan yang mendukung terbentuknya awan-awan konvektif yang mengakibatkan terjadinya hujan di wilayah tersebut. Berbagai bentuk vortek berupa pusat tekanan rendah dan Typhoon sudah timbul diwilayah utara ekuator serta di sekitar ekuator, hal tersebut mengindikasikan bahwa monsun australia mulai mengalami pelemahan yang mengindikasikan musim angin timuran mulai melemah dan musim kemarau akan mulai beralih ke musim hujan di wilayah Indonesia.



sumber: http://extreme.kishou.go.jp/itacs5/

2. Pertimbangan Dinamika Atmosfer Global

Suhu muka laut sampai pertengahan September2018 dalam satu minggu terakhir wilayah Indonesia umumnya di wilayah Utara Ekuator relatif hangat dengan suhu berkisar antara 28 - 30C sedangkan wilayah Selatan Ekuator relatif dingin berkisar antara 28 30C. Kondisi Anomali SST Indonesia berada pada kondisi Netral (-0.11 C). Anomali SST di perairan Samudera Pasifik Tengah (Nino 3.4) bernilai Positif namun masih dalam kondisi Normal, mengindikasikan tidak adanya penambahan/pengurangan uap air yang signifikan ke wilayah Indonesia. Sedangkan perairan Samudera Hindia pada indeks Dipole Mode bernilai positif tetapi masih berada pada kondisi netralnya (<+0.4C) yang mengindikasikan tidak adanya penambahan/pengurangan uap air diwilayah Indonesia khususnya Indonesia bagian barat. MJO diprakirakan sampai 6 hari kedepan umumnya akan berada pada phase tidak aktif (phase 7), kemudian diprakiraan kondisi tutupan awan hujan seminggu kedepan akan mengalami penurunan intensitasnya di wilayah Indonesia.


                   sumber: http://extreme.kishou.go.jp/itacs5/

 

 

   

 

sumber: http://www.cpc.ncep.noaa.gov/products/precip/CWlink/MJO/foregfs.shtml

3. Prospek cuaca

Melalui pertimbangan dinamika atmosfer diatas maka wilayah Banten dan DKI Jakarta dalam satu minggu ke depan cuaca didominasi kondisi cerah dan cerah berawan serta sedikit berpotensi hujan ringan, diprakirakan sifat curah hujan bulan September 2018 akan berada pada kisaran Bawah Normal (BN) - Normal (N).

 

Tangerang Selatan, 24 September 2018

                                            Forecaster on Duty


Informasi :

Hubungi Kami melalui :

Instagram : bmkg_klimtangsel

Facebook : staklimtangerangselatan

Twitter : staklimtangsel

Telegram : staklimtangsel